Asian Games 2018 Momen Capai Target Wisman

Anggota Komisi X DPR RI Nuroji, foto : odji/hr.
Ajang Asian Games 2018 yang diselenggarakan di Indonesia diharapkan dapat memperkuat pencapaian target kunjungan wisatawan mancanegara. Saat ini, konsep yang sedang digalakkan oleh sektor pariwisata adalah masalah pemasarannya, yakni promosi ke luar negeri. Oleh karenanya, Komisi X DPR mendukung konsep Kementerian Pariwisata untuk memberikan anggaran yang lebih besar pada bidang promosi ke luar negeri.
“Fokus pemasaran luar negeri harus memetik hasil yang maksimal, karena dari segi anggaran sudah diberikan. Tentu hal ini dapat menjadi kesempatan untuk memasarkan kepada para atlet Asian Games. Kemenpar harus dapat menangkap momen ini untuk tujuan meraih wisatawan mancanegara yang targetnya pada tahun 2019 adalah 20 juta wisatawan,” ucap anggota Komisi X DPR RI Nuroji di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (16/01/2018).
Politisi F-Gerindra itu mengatakan, sekarang ini sudah terjalin sinergi antara Kementerian Pariwisata, Kementerian Pemuda dan Olahraga, serta Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf). Salah satu hasil dari kerja sama yang telah dilakukan itu diantaranya adalah mengenai Logo Asian Games 2018 yang dirancang oleh Bekraf.
“Tinggal bagaimana di lapangan nanti menguatkan kerja sama tersebut, terutama pada bidang pariwisata. Saya juga telah melihat di beberapa daerah, terutama di Jakarta, beberapa tempat yang merupakan destinasi pariwisata telah dihiasi logo-logo Asian Games. Itu artinya promosi sudah berjalan,” ujar Nuroji.
Dengan kedatangan para pemain atau atlet-atlet dari luar negeri, maka harus juga disediakan destinasi wisata yang menarik. “Selain itu harus juga diberdayakan dan disinergikan dengan penguatan ekonomi kreatif, seperti pembuatan souvenir, kesiapan hotel, rumah makan dan sektor-sektor pariwisata lainnya,” pungkas politisi asal dapil Jawa Barat itu. (dep/sf)